Lakukan olahraga ringan ini untuk kesehatan otak anda

Kesehatan yang mahal, sebisa mungkin untuk dijaga sebaik mungkin. Setidaknya kita harus menjalankan pola hidup sehat disertai dengan rutin untuk menjalankan olahraga.

Tidak perlu melakukan olahraga berat. Olahraga ringan seperti berjalan kaki atau menari, juga mendatangkan berjuta manfaat untuk kesehatan otak. Otak yang sehat, ditambah jantung yang sehat pula karena rutin beraktivitas fisik bisa mencegah kita terhindar dari stroke.

Menari, misalnya. Konsultan Senior dari National Neuroscience Institute (NNI) Singapore, Dr Simon Ting, mengatakan, seseorang yang rajin menari akan mempelajari gerakan atau langkah-langkah baru. Itu secara tidak langsung menstimulasi otak untuk selalu bekerja.

Hubungan Otak dengan Menari

NNI pernah melakukan sebuah percobaan terhadap sejumlah kecil pasien Alzheimer. Penelitian dilakukan dengan melibatkan klub dansa. Hasil akhirnya, pasien merasa kesejahteraan hidupnya meningkat.

Selain itu, lanjut Simon, mempelajari kosa kata baru setiap hari mendatangkan efek positif pada otak. Sebab, kita sendiri yang menumbuhkan kebiasaan belajar terus-menerus, sehingga otak dalam keadaan aktif.

“Jika tidak, jalan cepat atau berjalan di treadmil bermanfaat juga untuk otak,” kata Simon seperti dikutip dari Singapore Health pada Kamis, 2 Agustus 2018.

Selain untuk menyehatkan otak, menari juga dapat menguatkan otot serta menjaga berat badan. Metabolisme yang meningkat setelah menari berfungsi untuk menurunkan berat badan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *